Pages

Kamis, 23 Februari 2012

6 ciri dan 9 cara mengatasi Stress




Saya rasa rutinitas saya akhir akhir ini begitu padat, mungkin tidak hanya saya sebab teman teman saya satu angkatan pasti juga sibuk dengan rutinitas yang sama. Banyak tugas sekolah, PR, harus ngejar materi UNAS dan Non UNAS, Try Out yang hanya selang satu minggu dari TO-1 ke TO-2 belum lagi kalau ada y ang ikut bimbingan belajar di luar sekolah pasti lebih capek lagi,belum lagi rutinitas di rumah pasti sungguh melelahkan. Tak heran banyak yang merasa stress, dengan keadaan ini begitu pula saya, saya merasa semangat belajar saya turun, kurang konsentrasi, dan semakin patah semangat dengan hasil Try Out yang kurang maksimal ( Huft . .). keadaan seperti inilah yang seharusnya dihindari (khususnya bagi saya sendiri) mengapa? Sebab jika terus dibiarkan akan berakibat pada kondisi fisik dan psikis kita, ciri cirinya :
1. Mudah marah
2. Kurang konsentrasi
3. Merasa lelah, lelah dan lelah
4. Selalu merasa ragu
5. Siklus Menstruasi tidak teratur (khusus cewek)
6. Mudah sakit kepala, Jerawatan, Pendarahan pada Gusi

Nah untuk itu perlu adanya kiat kiat khusus untuk mnanggulangi atau mengatasi masalah seperti ni, berikut ini adalah beberapa contoh hal yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan stress :

1. Mendekatkan diri kepada sang pencipta (jelas)
2. Positive Thingking pada berbagai hal, sebab dengan itu akan mengurangi beban otak dalam berfikir
3. Rendah hati dan mengakui kekurangan, atau dengan kata lain introspeksi diri. Dengan itu kita akan 
    mengetahui kekurangan masing masing dan apa yang dapat kita lakukan? Yang dapat kita lakukan adalah 
    memperbaiki diri dari masalah yang kita alami itu
4. Tidur cukup dan teratur sesuai porsi
5. Jika anda tidak mampu untuk mengatasinya sendiri akan lebih baik anda berbagai pada teman yang 
    mungkin dapat memberikan solusi pada masalah kita (tidak hanya sekedar ingin tahu saja)
6. Ada yang menyarankan untuk minum kopi, minum teh, melakukan senam Yogam, makan strawberry, dll. 
    Tapi kalau untuk ini saya rasa tergantung pada individu masing masing
7. Enjoy dengan Hobby anda (bisa nyanyi, melkuis, mendengarkan musik, nonton film, dll)
8. Pijat , sebab dengan pijat akan membantu melemaskan otot dan membuat tubuh relaks
9. Melibatkan indera anda dalam aktifitas, contoh dengan menghirup berbagai aroma terapi akan membuat 
    diri anda lebih relaks dan nyaman


0 komentar:

Posting Komentar